Minggu, 16 September 2012

Contoh Surat Pribadi dalam Bahasa Indonesia dan Sunda

Hai! I'm back! Baru juga ngepost beberapa menit lalu udah balik lagi -_- karena ada tugas, sekalian aja di post disini. Tugasnya bikin surat pribadi dalam bahasa Sunda. Nah, masalahnya gue gak bisa bahasa Sunda TTATT jadi akhirnya di buat dulu deh dalam bahasa Indonesia, baru di translate ke bahasa Sunda. Dibaca yuk surat pribadi hasil karya gue~^^


Bekasi, 16 September 2012
Untuk Sahabatku, Fitria
Di Malang

Assalamualaikum Wr. Wb.
Fitria, apa kabar? Masih ingat denganku? Sahabatmu yang di Bekasi. Lama tak berjumpa. Aku rindu padamu~ hahaha. Bagaimana keadaan keluargamu? Semoga saja kalian sehat selalu.

Sebenarnya aku ingin cerita sedikit tentang diriku sekarang. Aku ingin cerita tentang sekulah baruku. Aku cerita tentang sekolah saja dulu. Sekarang aku bersekolah di salah satu SMK muslim di daerah Bekasi. Sekolahnya juga lumayan jauh dari rumah. Lebih jauh dari SMP kita dulu. Aku mengambil jurusan Multimedia. Awalnya ingin mengambil jurusan TKJ, tapi sudah penuh. Apa dikata ya? Haha. Disini aku sedikit susah mendapatkan teman baru. Karena teman-teman yang di SMP tidak ada yang masuk ke sekolah ini, kecuali diriku seorang. Halah. Meskipun susah, toh saat MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru) akhirnya aku punya teman. Teman pertamaku namanya Tantri dan Eva. Kami berbeda jurusan. Tantri jurusan Administrasi Perkantoran, dan Eva jurusan Akutansi. Setelah MOPDB, aku masuk kelas MM2. Di kelas ini, akhirnya aku punya teman yang banyak! Awalnya aku hanya berkenalan dengan Nurma, lalu Ane, dan akhirnya berkenalan dengan satu kelas. Semakin lama, temanku disini semakin banyak. Senang rasanya punya teman baru. Tapi, aku pasti tak akan melupakan kamu dong.

Nah, bagaimana dengan kamu? Apa kamu sudah punya teman baru? Aku ceritakan sedikit dulu ya. Kutunggu balasan suratmu. Salam untuk keluargamu ya!


Sahabatmu,


Aulia Zaqiyah Herdina




Sekarang, surat di atas diubah ke bahasa Sunda. Dan hasilnya begini nih


Bekasi, 16 Séptember 2012
Pikeun Sahabatku, Fitria
Di Malang

Assalamualaikum Wr. Wb.
Fitria, naon béjaMasih inget kalayan kuring? Sahabatmu anu di BekasiLila teu paamprokKuring sono dina anjeun~ hahaha.Kumaha kaayaan kulawarga anjeunMuga waé maranéh cageur sok.

Sabenerna kuring hayang carita saeutik ngeunaan diri kuring ayeunaKuring hayang carita ngeunaan sekulah anyar kuringKuringcarita ngeunaan sakola waé tiheulaAyeuna kuring bersekolah di salah sahiji SMK muslim di wewengkon BekasiSakolana ogélumayan laér ti imahLeuwih laér ti SMP urang tiheulaKuring nyokot jurusan Multimedia. Awalna hayang nyokot jurusan TKJ, tapigeus pinuhNaon dikecap enya? Haha. Di dieu kuring saeutik hésé meunangkeun réncang anyarAlatan réncang-réncang anu diSMP euweuh anu asup ka sakola ieukajaba diri kuring saurang. Halah. Sanajan hésé, toh waktu MOPDB (Mangsa Orientasi Peserta Didik Anyarpamustunganana kuring boga réncangRéncang kahiji kuring ngaranna Tantri sarta Eva. Kami béda jurusan. Tantri jurusan Administrasi Perkantoran, sarta Eva jurusan Akutansi. Sanggeus MOPDB, kuring asup kelas MM2. Di kelas ieu,pamustunganana kuring boga réncang anu lobaAwalna kuring ngan berkenalan jeung Nurma, tuluy Ane, sarta pamustungananaberkenalan jeung hiji kelasBeuki lilaréncang kuring di dieu beuki lobaGumbira rasana boga réncang anyarTapikuring pastimoal mopohokeun manéh atuh.

Tahkumaha jeung manéhNaon manéh geus boga réncang anyarKuring ceritakan saeutik tiheula enya. Kutunggu balesan surat anjeunSalam pikeun kulawarga anjeun enya!


Sahabatmu,


Aulia Zaqiyah Herdina



Gue translatenya pake translator. Muahaha. Yang penting bikin sendiri, bukan menjiplak. Ah, semoga bermanfaat deh postingan gue yang ini. Have a nice Sunday, guys!

0 komentar:

Poskan Komentar